Hutan Pinus Mangunan, Tempat yang Sejuk untuk Rekreasi

Hutan Pinus Mangunan
Kesekian kalinya traveling di jogja, gimana nggak soalnya Semarang - Jogja cuman 3 jam. Biasanya kalau traveling aku ngajakin temen biar ada yang difotoin😁 maksudnya biar ada temen buat ngobrol sambil nikmatin suasana tempatnya.

Dua hari sebelum tanggal 23 Desember 2018 aku udah ngerencanain untuk traveling ke Jogja. Tujuan wisata selanjutnya di Hutan Pinus Mangunan, Destinasi yang satu ini sangat viral dikalangan anak milenial karena tempatnya Instagramable alias bagus buat foto-foto dan upload di Instagram. Sebenarnya aku kurang suka foto-foto diri sendiri, tapi aku penasaran dengan suasana yang ada di Hutan Pinus Mangunan tersebut.

Aku jalan-jalan ke Hutan Pinus Mangunan bareng sama 3 orang temenku yaitu Ejia, Facthul dan Slamet. Sebenernya aku cuman ngajak Ejia buat kesini tapi kebetulan ada Facthul & Slamet yang mau ikut nemenin, nggak enak kan kalau ditolak soalnya di Jogja kali ini aku minep di kosannya Facthul masa iyakan nggak di ajakin 😁. Kami berempat berangkat dari Kota Jogja menuju daerah Dlingo Kabupaten Bantul tepatnya di Hutan Pinus Mangunan menggunakan sepeda motor kurang lebih lama perjalanan sekitar 1 jam, Akses menuju Hutan Pinus cukup curam jadi sebaiknya kalau mau kesini gunakan alat transportasi yang memadai.

Sesampainya di Hutan Pinus Mangunan tidak sulit untuk parkir motor karena sudah ada lahan khusus untuk parkir roda 2 namun untuk parkir mobil masih banyak di pinggir jalan sekitaran tempat wisata yang menyebabkan kemacetan saat membludaknya wisatawan. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp3.000, Mobil Rp10.000 dan Bus Rp20.000.

Pintu Masuk Hutan Pinus Mangunan
Biaya Masuk
Biaya masuk Hutan Pinus Mangunan hanya Rp2.500/orang. Hutan Pinus Mangunan bisa juga untuk Pre wedding kalian cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp50.000.

Waktu sampai di dalam kawasan Hutan Pinus Mangunan sangat ramai pengunjungnya mulai dari rombongan tur, keluarga sampai orang pacaran😂. Nggak perlu waktu lama Ejia, Fatchul dan Slamet langsung mengeluarkan smartphone dari sakunya, sedangkan aku lebih senang mengabadikan moment-moment yang terjadi dan memotret setiap sudut keindahan yang disuguhkan oleh Hutan Pinus Mangunan.

Pohon pinus yang menjulang tinggi memberi pesonanya tersendiri serta hembusan angin yang membuat kita betah berlama-lama di tempat ini. Destinasi yang satu ini sangat cocok untuk rekreasi  bareng keluarga, serta melepas penat dikantor maupun hiruk pikuk di kota dan satu hal yang membuat tempat ini viral karena tempatnya sangat instagramable untuk kalangan milenial.
Beberapa moment yang berhasil aku abadikan:

Rekreasi bersama keluarga. Foto; nuril huda/rilstory.com
Foto: nuril huda/rilstory.com
Para jomblo kuat-kuatin mental dan mata nih kalau dateng kesini, soalnya bakal banyak melihat romantisme-romantisme orang pacaran 😄

Foto: Nuril Huda/rilstory.com
Terakhir bonus foto-foto temen-temenku

Ejia
Fatchul dan Slamet
Sejarah Singkat Hutan Pinus Mangunan
Dulu daerah Hutan Pinus Mangunan ini hanyalah sebuah tanah tandus kemudian direboisasi dan dikelola oleh Perhutani, namun saat ini terkenal dengan salah satu obyek wisata alam yang ada di Jogja.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dari Kota Jogja kurang lebih 24 km jaraknya.

Baca Juga

Load comments

Contact Form

Name

Email *

Message *