Di Semarang ada apa?

Kota Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah, dengan status sebagai ibu kota potensi wisatanya tak kalah indah dengan yang ada di Kabupaten - Kabupaten Jawa Tengah lainnya. Beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi kalau ke Kota Semarang :

1. LAWANG SEWU

Lawang Sewu, cukup menarik untuk sebuah nama bangunan ungkap saya dalam hati waktu pertama kali berkunjung kesini, ternyata Lawang Sewu berarti "Seribu Pintu" diambil dari bahasa Jawa, namun nyatanya jumlah pintu nya gak sampai seribu kok, itu istilah masyarakat setempat mengistilahkan bangunan tersebut memiliki banyak pintu. Saat ini Lawang Sewu adalah salah satu objek wisata yang sudah terkenal sampai luar negeri. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di dekabundaran Tugu MudaKarena Lawang Sewu memiliki catatan sejarah yang patut dilestarikan, Pemerintah Kota Semarang menjadikan Lawang Sewu sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kota Semarang yang harus dilindungi. Lawang Sewu saat ini telah dibuka untuk umum.

2.ALUN-ALUN SIMPANG LIMA



Simpang Lima adalah alun - alun nya Kota Semarang serta menjadi salah satu landmark yang ada di Kota Semarang. Kenapa Simpang lima namanya? karena merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jl. PahlawanJl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl. A Dahlan. Di sekitaran Simpang Lima banyak berdiri hotel-hotel seperti Hotel Ciputra, Hotel Horison, Hotel Graha Santika, serta juga ada pusat perbelanjaan seperti Mall Ciputra, E Plaza, Plaza Simpang Lima, Living PlazaSimpang Lima setiap hari nya selalu ramai apalagi saat malam hari. Saat hari minggu kawasan Simpang Lima diadakan acara car free dayApalagi saat menjelang pergantian tahun, Simpang Lima Semarang menjadi pusat perayaan pergantian Tahun. Biasannya di Simpang Lima ini diadakan pesta kembang api. 

3.KLENTENG SAM PO KONG

Sam Po Kong, merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Cheng Ho. Sejarah berdirinya Sam Poo Kong adalah ketika armada Zheng He merapat di pantai Simongan – Semarang karena juru mudinya, Wang Jing Hong sakit keras. Sebuah gua batu dijadikan tempat beristirahat Zheng He dan mengobati Wang Jing Hong. Sementara juru mudinya menyembuhkan diri, Cheng Ho melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan perdagangan keramik serta rempah-rempah. Selama di Simongan, Wang memimpin anak buahnya menggarap lahan, membangun rumah dan bergaul dengan penduduk setempat. Lingkungan sekitar gua jadi berkembang dan makmur karena aktivitas dagang maupun pertanian. Demi menghormati pimpinannya, Wang mendirikan patung Zheng He di gua batu tersebut untuk dihormati dan dikenang masyarakat sekitar (sumber:sampookong.co.id). Oleh karena itu bangunan yang ada di Sam Po Kong ornamen - ornamennya didominasi oleh warna merah, mulai dari dinding, tiang, hingga lampion-lampion juga berwarna merah yang menghiasi bagian langit-langit bangunan. Meskipun fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, Klenteng Sam Poo Kong juga terbuka untuk umumPada akhir tahun juga sering diadakan festival di Sam Po Kong.

4.MASJID AGUNG JAWA TENGAH


Masjid Agung Jawa Tengah atau disingkat MAJT, memiliki gaya arsitektur campuran Jawa, Islam dan Romawi. MAJT diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing-masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya dan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter, di dalam area MAJT terdapat Menara Asma Al-Husna Setinggi 99 Meter terdiri dari : lantai 1 untuk Studio Radio DAIS MAJT dan pemancar TVKU, lantai 2 untuk museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, Lantai 18 rumah makan berputar, lantai 19 Gardu pandang kota Semarang dan lantai 19 Tempat rukyat al-hilal. Gaya Romawi bisa dilihat pada bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar - pilar seperti koloseum Athena yang ada di Romawi dan dihiasi seni kaligrafi yang indah, yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu“Sucining Guno Gapuraning Gusti“. Area serambi Masjid Agung Jawa Tengah dilengkapi 6 payung raksasa otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi,

5.VIHARA BUDDHAGAYA WATUGONG

Vihara Buddhagaya Watugong, merupakan tempat ibadah agama budha yang menjadi daya tarik dari vihara adalah Pagoda Avalokitesvara yang bangunannya mempunyai nilai artistik tinggi, dengan tinggi mencapai 45 meter serta menjadi pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Di dalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im dengan tinggi lima meter. Sedangkan bangunan Dhammasala terdiri dari 2 lantai, lantai dasar digunakan menjadi ruang serba guna untuk kegiatan-kegiatan pertemuan dan lantai atas digunakan sebagai tempat upacara keagamaan yang dimana terdapat patung Sang Buddha.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Di Semarang ada apa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel